Jika tarif listrik naik, dan byar pet....!

gambar karikatur "Jika Tarif Listrik Naik, dan Byar Pet..!"

(klik gambar untuk memperbesar / click picture to enlarge)

Pada Maret 2008, tarif listrik akan dinaikkan dengan sistem proporsional berdasarkan batas standar yang dilakukan dengan melihat seberapa besar konsumsi listrik pada setiap unit konsumen.
Batas standar yang ditetapkan adalah 80% dari rata-rata konsumsi listrik setiap bulan dari setiap golongan kriteria konsumen. Barangsiapa yang mengkonsumsi listrik di atas 80% batas standar yang ditetapkan, selisih jumlah konsumsi energi yang berada di atas nilai 80% itu tarif listriknya akan dinaikkan sebesar 1,6 kali lipat atau naik 60%.
Barangsiapa yang konsumsi listriknya di bawah 80%, selisih dari nilai batas standar 80%, tarifnya akan dikenakan potongan harga sebesar 20%.
Namun rencana kenaikan tarif listrik secara proporsional ini, berada dalam keadaan krisis listrik di Jawa-Bali dan Sumatra, serta di beberapa daerah lain yang byar peett, alias mati lampu akibat kekurangan pasokan listrik.
Sudah saatnya PLN segera menggunakan sumber pembangkit listrik dari alam yang ramah lingkungan, aman dan murah, seperti panas bumi yang masih banyak menganggur. Selain itu dengan memanfaatkan angin dan matahari yang dibuat dalam skala besar, sehingga bisa menyuplai daya listrik untuk kota sebesar Medan misalnya.
Jika PLN sebagai wakil generasi senior yang bertugas saat ini tidak sanggup (atau sebenarnya bisa tapi sengaja tidak dikembangkan, karena keuntungan "sampingan" yang lumayan dari penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik?) , maka dengan rahmat Allah, kami kaum muda siap menggantikan dan meneruskan cita-cita itu di masa depan dengan segala upaya, karena kondisi kami di masa depan sangat membutuhkan, dan kami siap belajar untuk meningkatkan kemampuan ke arah sana.
Karena PLN saat ini gencar mempromosikan "listrik untuk kehidupan yang lebih baik" seiring gencarnya byar peeet, alias pemutusan aliran listrik. Maka ini menjadi kontraproduktif bagi usaha kemajuan bangsa yang sangat diupayakan segenap rakyat.

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer