Jika Lumpur Lapindo Terjadi di Jakarta

Gambar foto satelit kawasan Monumen Nasional (Monas), Medan Merdeka dan sekitarnya di jantung kota Jakarta, jika disimulasikan bencana semburan lumpur Lapindo terjasi di wilayah itu.

(klik gambar untuk memperbesar / click picture to enlarge)




BAGAIMANA JIKA LUMPUR LAPINDO TERJADI DI JAKARTA?


Untuk menambah pengetahuan kita atas seberapa parah kondisi lumpur Lapindo Sidoarjo, serta menambah empati dan dukungan kita terhadap para korban, maka penulis sengaja menumpuk gambar luasan luberan lumpur ke atas gambar foto udara Jakarta, tepatnya di sekitar Monas dengan skala yang sama.


Jika titik pusat semburan (lingkaran kecil merah) terletak di kawasan Monas, maka yang akan terkena luberan (garis merah) mencapai sebelah utara Istana Merdeka, Gunung Sahari, kawasan Pasar Senen di timur, Kebon Sirih di selatan, dan hampir mendekati Tanah Abang di barat.

Medan Merdeka?

Tertutup total.


Ya, dengan luas lahan yang terkena luberan lumpur mencapai sedikitnya 600 hektar, memang membawa dampak yang menyengsarakan bagi penduduk setempat sampai hari ini. Namun anehnya penangannya terkesan lambat. Serta lebih aneh lagi tidak diklasifikasikan sebagai bencana nasional yang membutuhkan penanganan yang menyeluruh dan berkelanjutan.


Adakah tergerak untuk membantu, atau mendorong pihak terkait untuk lebih serius dan tulus menangani?


Andaikan itu adalah semburan minyak betulan,

atau emas...


akan lain ceritanya.....




Apalah artinya sebuah kata yang ditulis diatas pasir? Apalah artinya undang-undang yang dicetak diatas air? (Rendra)



Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer