Memanfaatkan Lahan Sisa sebagai Mini Cafe




Denah Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Potongan A1 - A2 Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Jika Anda mempunyai rumah di sudut jalan di suatu pemukiman, alangkah menguntungkannya. Apa lagi kalau lingkungan sekitar Anda ramai oleh berbagai aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi. Bisa jadi pula jika berada di lingkungan industri atau kampus, akan mendatangkan keuntungan tersendiri jika Anda pandai memanfaatkannya.
Namun di tengah dinamika pembangunan yang cukup cepat ini, lingkungan rumah Anda sudah pada kondisi hampir tidak menyisakan tanah lagi bagi sebuah tempat usaha. Mungkin karena Anda dalam menata lahan rumah tinggal Anda tanpa perencanaan sebelumnya. Yang tersisa hanya halaman kosong di sudut jalan, yang tidak Anda pagari, sehingga memancing orang untuk membuang sampah, mencoret-coret tembok, parkir sembarangan, bahkan (maaf) buang air di situ.
Anda ingin sekali mengatasi masalah itu, sambil berupaya mendatangkan keuntungan dengan memberdayakan lahan yang seolah lahan sisa itu.

Baik, saya akan memberi contoh pemanfaatan lahan sempit di sudut jalan seluas 6 kali 6 meter persegi yang dibuat menjadi sebuah mini cafe, alias warung makan yang kecil. Mini cafe ini membidik pasar anak muda, yang berusia antara 15 sampai 35 tahun. Selain menjadi tempat nongkrong, juga sebagai tempat diskusi, berinternet-ria (jika Anda menambah fasilitas hot spot).

Mini cafe ini dibagi menjadi 3 zona, yaitu ruang dalam selebar 3 meter, dimana terdapat pantry (dapur) tempat mengolah makanan dan minuman, tempat makan di dalam, dan WC yang praktis. Kemudian di luarnya terdapat teras selebar 1,6 meter yang menjadi tempat makan pula. Di luar teras terdapat taman, kolam ikan, dan jalan masuk, sebagai perantara antara jalan, trotoar dengan bangunan. Taman dan kolam juga menjadi pusat perhatian (point of interrest), penyejuk dan pembatas alami antara ruang publik (trotoar dan jalan) dengan bangunan.

Dengan posisi yang strategis, dan menciptakan suasana yang akrab dan manusiawi, pastilah lahan sisa ini yang dibangun menjadi mini cafe ini juga akan mendatangkan rejeki dan lapangan pekerjaan bagi sesama.



Tampak depan Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Tampak samping kiri Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.
Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:

Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.


Designed by SB Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."
Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi & perhitungan anggaran biaya. Kami membantu menjadikan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, serta sesuai dengan anggaran yang tersedia.


-

Klik ini untuk melihat artikel Desain Rumah Toko Empat Lantai di Atas Lahan 3,8 x 12,5 m persegi.

-->



Komentar

  1. wah keren karja anak bangsa ini...^^ ow yah, saya punya cita2 pengen buat cafe+hospot+live music buat kaula muda...tapi saya masih bingung desain bangunnya tuh kek apa mas,,,yah saya pengen desainbnya tuh sederhana tapi unik n ramah lingkungan...1 lagi gak ngluarin biaya banyak buat bangunnya,,misalnya bangunan ala bambu^^makasih yah mas sebelumnya..saya butuh masukan dan gambaran desainnya kek apa..THX

    BalasHapus
  2. Yth pengunjung blog mannusantara, kalau memberi komentar atau pertanyaan, atau order pekerjaan di kolom komentar ini memberikan alamat e-mail atau hp/ telp yg bisa dihubingi, shg jelas apa yg dikehendaki, jadi saya akan membalasnya dgn lebih spesifik dan langsung kepada Anda. Trims.

    Uki/bazoucka@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer