KOTAK PESANAN DESAIN & KONSULTASI LANGSUNG KE E-MAIL KAMI

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Minggu, 30 November 2008

Memanfaatkan Lahan Sisa sebagai Mini Cafe



Melalui blog ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan kami, melalui email basuki_design@yahoo.com , bazoucka@gmail.com atau hp 081280480064, atau kotak form konsultasi di bawah artikel ini. Kami segera melayani dan menanggapi pertanyaan, konsultasi, atau pemesanan desain dari Anda dalam waktu selambatnya 1x24 jam.

Makloemat Karja : Karja design ini dipersembahkan bagi bangsa oleh seorang anak bangsa. Bagi khalajak ramai, kami berterima kasih oentoek tidak pernah dan tidak akan berniat oentoek mendjiplak daripada karja tjipta milik anak bangsa Indonesia sendiri, ataoe menggoenakannja tanpa seidzin pentjiptanja!
Jangan takut berkreasi. Mari kita mandiri dalam membuat kreasi apapun yang positif bagi kemajuan bangsa.

Denah Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Potongan A1 - A2 Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Jika Anda mempunyai rumah di sudut jalan di suatu pemukiman, alangkah menguntungkannya. Apa lagi kalau lingkungan sekitar Anda ramai oleh berbagai aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi. Bisa jadi pula jika berada di lingkungan industri atau kampus, akan mendatangkan keuntungan tersendiri jika Anda pandai memanfaatkannya.
Namun di tengah dinamika pembangunan yang cukup cepat ini, lingkungan rumah Anda sudah pada kondisi hampir tidak menyisakan tanah lagi bagi sebuah tempat usaha. Mungkin karena Anda dalam menata lahan rumah tinggal Anda tanpa perencanaan sebelumnya. Yang tersisa hanya halaman kosong di sudut jalan, yang tidak Anda pagari, sehingga memancing orang untuk membuang sampah, mencoret-coret tembok, parkir sembarangan, bahkan (maaf) buang air di situ.
Anda ingin sekali mengatasi masalah itu, sambil berupaya mendatangkan keuntungan dengan memberdayakan lahan yang seolah lahan sisa itu.

Baik, saya akan memberi contoh pemanfaatan lahan sempit di sudut jalan seluas 6 kali 6 meter persegi yang dibuat menjadi sebuah mini cafe, alias warung makan yang kecil. Mini cafe ini membidik pasar anak muda, yang berusia antara 15 sampai 35 tahun. Selain menjadi tempat nongkrong, juga sebagai tempat diskusi, berinternet-ria (jika Anda menambah fasilitas hot spot).

Mini cafe ini dibagi menjadi 3 zona, yaitu ruang dalam selebar 3 meter, dimana terdapat pantry (dapur) tempat mengolah makanan dan minuman, tempat makan di dalam, dan WC yang praktis. Kemudian di luarnya terdapat teras selebar 1,6 meter yang menjadi tempat makan pula. Di luar teras terdapat taman, kolam ikan, dan jalan masuk, sebagai perantara antara jalan, trotoar dengan bangunan. Taman dan kolam juga menjadi pusat perhatian (point of interrest), penyejuk dan pembatas alami antara ruang publik (trotoar dan jalan) dengan bangunan.

Dengan posisi yang strategis, dan menciptakan suasana yang akrab dan manusiawi, pastilah lahan sisa ini yang dibangun menjadi mini cafe ini juga akan mendatangkan rejeki dan lapangan pekerjaan bagi sesama.



Tampak depan Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar


Tampak samping kiri Mini Cafe
klik gambar untuk memperbesar

Designed by SB Basuki



Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi & perhitungan anggaran biaya. Kami membantu menjadikan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, serta sesuai dengan anggaran yang tersedia.



 
Untuk berkonsultasi dengan kami, harap menyampaikan ukuran lahan, ukuran rumah, ruang apa saja yang dibutuhkan, berapa orang yang akan tinggal, posisi lahan / rumah terhadap jalan, dan arah mata angin. Kami akan dengan senang hati membantu dengan saran yang didukung dengan gambar sketsa tangan maupun digital seperti di atas. Sertakan email & no hp yang bisa dihubungi. Alamat e-mail dan no. hp Anda tidak akan kami publikasikan.


Klik ini untuk melihat artikel Desain Rumah Toko Empat Lantai di Atas Lahan 3,8 x 12,5 m persegi.




2 komentar:

  1. wah keren karja anak bangsa ini...^^ ow yah, saya punya cita2 pengen buat cafe+hospot+live music buat kaula muda...tapi saya masih bingung desain bangunnya tuh kek apa mas,,,yah saya pengen desainbnya tuh sederhana tapi unik n ramah lingkungan...1 lagi gak ngluarin biaya banyak buat bangunnya,,misalnya bangunan ala bambu^^makasih yah mas sebelumnya..saya butuh masukan dan gambaran desainnya kek apa..THX

    BalasHapus
  2. Yth pengunjung blog mannusantara, kalau memberi komentar atau pertanyaan, atau order pekerjaan di kolom komentar ini memberikan alamat e-mail atau hp/ telp yg bisa dihubingi, shg jelas apa yg dikehendaki, jadi saya akan membalasnya dgn lebih spesifik dan langsung kepada Anda. Trims.

    Uki/bazoucka@gmail.com

    BalasHapus

Visit Indonesia : The Uncountable Beauty