KOTAK PESANAN DESAIN & KONSULTASI LANGSUNG KE E-MAIL KAMI

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Sabtu, 08 Mei 2010

Desain Rumah Toko (Ruko) Empat Lantai di atas Lahan Seluas 3,8 x 12,5 m persegi

Hematkanlah waktu dan energi Anda dengan memanfaatkan layanan desain di blog ini. Melalui blog ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan kami, melalui email basuki_design@yahoo.com , bazoucka@gmail.com atau hp 081280480064, atau kotak form konsultasi di bawah artikel ini. Kami segera melayani dan menanggapi pertanyaan, konsultasi, atau pemesanan desain dari Anda dalam waktu selambatnya 1x24 jam.

Jangan takut berkreasi. Mari kita mandirikan bangsa dengan kreasi positif.





denah lantai 1, 2, 3 & 4
klik gambar untuk memperbesar












Lokasi lahan klien : Makassar, Sulawesi Selatan

Halo Saudara, selamat datang di blog Mannusantara!

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di kota-kota besar, tidak hanya berdampak semakin padatnya penduduk di suatu kawasan, semakin etrbatasnya ruang gerak dan berlalu lintas. Di suatu pusat perniagaan kota besar, sekarang ini sudah lazim dijumpai satu kapling berukuran sempit yang memanjang ke belakang untuk dibangun menjadi rumah tinggal dan tempat usaha (ruko).

Tapi pada kasus ekstrimnya adalah sangat sempitnya lahan yang tersedia oleh seseorang untuk bertempat tinggal dan berusaha. Seperti pada contoh kasus yang diangkat ini, lahan yang tersedia adalah berukuran 3,8 x 12,5 meter persegi. Sempit memang, tapi harus disiasati agar tetap nyaman sebagai ruang bertempat tinggal membina keluarga, dan juga berusaha. Bukannya tidak ada lagi pilhan lain, tapi lebih karena lokasi lahan di kawasan perniagaan yang startegis di pusat kota, menjadikan lahan ini tetap mempunyai prospek yang baik untuk berbisnis.

Maka bangunan di lahan ini dibangun menjadi 4 lantai. Lantai 1 dan 2 menjadi ruang usaha (toko, atau dapat juga sebagai rumah makan). Lantai 3 dan 4 adalah tempat tinggal.


Desain yang ditampilkan di atas dapat dijelaskan sebagai berikut (desain ini diperuntukkan sebagai rumah makan dan tempat tinggal) :
1. letak kamar mandi dan dapur untuk pelayanan rumah makan dletakkan di belakang. Dilengkapi dengan ruang untuk penyimpanan perlengkapan makan dan bahan makanan, atau dapat juga untuk persiapan penyajian.

2. letak tangga memanjang di sisi kiri dari pintu masuk, dengan akses naiknya berlawanan arah dengan arah pintu masuk (sedikit memasukkan pengaruh fengshui untuk letak tangga ini). Dengan letak tangga yang memanjang ini, membuat ruang menjadi lebih lapang, dan meluaskan area untuk ruang makan. Tangga antara lt 1 dan 2, lebarnya 1,2 meter, untuk menampung lalu lintas pengunjung dan pelayanan. Sedangkan tangga antara lt 2 dan 3, serta lt 3 dan 4, lebarnya 1 meter, karena hanya digunakan oleh keluarga.

3. untuk membuat kesan lapang, kelancaran sirkulasi udara dan pandangan yang baik dalam interior, dibuat balkon di lantai 2 sebagai tempat makan. WC di lantai 2 ditiadakan untuk memperluas area makan. Untuk keperluan pengunjung, WC hanya ditempatkan di lantai 1.

4. ruang tamu diletakkan di lantai 3 di tengah rumah dengan ruang tidur orang tua di depannya. Ruang tamu berfungsi ganda sebagai ruang keluarga. Kamar pembantu dan kamar mandi/WC berada di belakangnya.

5. Di lantai 4 ditempatkan ruang tidur anak di depan dan belakang, serta ruang belajar berada di antaranya. Untuk efisiensi ruang, kamar mandi lantai 4 diletakkan di dalam ruang tidur anak bagian belakang.

6. untuk pasokan sinar matahari dan kelancaran sirkulasi udara terutama dari dapur lt 1 dan 2, dibuat taman kecil di sudut belakang. Ini juga memberi pencahayaan dan udara untuk ruang-ruang di lantai atasnya.

7. dapur ada 2, di lantai 1 dan 2, untuk memberi pelayanan yang lebih cepat untuk masing-masing lantai. Dapat pula untuk memasak menu yang berbeda.

Jika tidak dijadikan sebagai rumah makan tapi sebagai toko, maka dapur dapat dialihfungsikan sebagai gudang penyimpanan (storage).

Designed by SB Basuki



Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami, untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi, dan perhitungan anggaran biaya. Kami membantu menjadikan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, serta sesuai dengan anggaran yang tersedia.
Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan dan merancang rumah tinggal atau tempat usaha Anda yang hemat biaya pembangunan dan hemat energi? Sampaikan pertanyaan ke email basuki_design@yahoo.com atau bazoucka@gmail.com atau hp 081280480064 dengan saudara Uki. Sertakan data-data ukuran lahan lahan, alamat lahan itu berada, arah hadap calon rumah, ruang-ruang apa saja yang diinginkan, berapa jumlah penghuninya, kalau ada aturan sempadan bangunan dari jalan.
Kami tidak akan mempublikasikan e-mail atau hp Anda.



  

Silakan memberi komentar atas desain bangunan ini, dan jangan ke mana-mana dulu, silakan menjelajahi artikel-artikel tentang desain bangunan di blog ini.

Kami percaya bahwa setiap orang termasuk Anda berhak atas desain bangunan yang hemat biaya, hemat energi namun tetap berkualitas untuk kehidupan Anda yang lebih baik




1 komentar:

Visit Indonesia : The Uncountable Beauty