JELAJAH BALI : Kawasan Desa Adat Ubud, Gianyar / DISCOVERING BALI : Ubud Traditional Village Area, Gianyar

Halo Saudara! Selamat datang di blog Mannusantara!


gambar foto satelit kawasan Puri Desa Adat Ubud dan sekitarnya, Gianyar, Bali
aerial view picture of Ubud Village, Gianyar, Bali, Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar / click picture to enlarge)



gambar foto suasana Desa Adat Ubud, Gianyar, Bali
picture of sightseeing in Ubud Village, Gianyar, Bali, Indonesia
(klik gambar untuk memperbesar / click picture to enlarge)

Ubud adalah sebuah desa di Kabupaten Gianyar yang terletak sekitar 25 km dari Kota Denpasar ke arah timur laut. Sebagaimana desa-desa pedalaman lain di Bali, nuansa pedesaan di Ubud masih didominasi sawah dan ladang yang masih relatif terjaga dan dikelola dengan baik, diiringi pemukiman penduduk dengan arsitektur tradisonal Bali yang khas. Ubud saat ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Bali yang menawarkan wisata budaya dan alam.

Yang menjadi daya tarik Ubud adalah jiwa seni yang mengakar kuat dalam masyarakat setempat. Dan berproduksi secara konsisten dan berkualitas, menjadi bagian tak terpisahkan dari nafas kehidupan masyarakat setempat. Darah seni sepertinya menjadi talenta, kemampuan dan etos alami masyarakat di sini. Mulai dari seni lukis, patung sampai musik gamelan dan tari.
Hal ini menarik seniman mancanegara untuk datang mempelajari dan ikut berkarya di sini. Bahkan sampai yang jatuh cinta, dan dengan segenap kecintaan dan kemapuan yang dimiliki trut membantu perkembangan dan mobilitas khasanah seni masyarakat Ubud. Salah satunya adalah seniman Antonio Blanco yang datang, menetap, berkeluarga dengan menikahi wanita Bali, sampai meninggal di Ubud. Sepanjang hayatnya di Bali ia salah satu seniman asing yang turut serta memajukan kesenian Bali sehingga terkenal sampai maca negara.




Harta akan habis digunakan tanpa ilmu tetapi sebaliknya ilmu akan berkembang jika ianya digunakan.

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer