Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Formulir Pemesanan Desain (Silakan Diisi) / Order Form (Please Fill It)

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Jumat, 25 Juli 2008

JELAJAH KOTA BANDUNG : Kawasan Gedung Sate

Lagi jalan-jalan di Bandung tapi bingung cari penginapan?
WISMA TAWA siap melayani Anda. Wisma Tawa adalah Guest house untuk umum yang siap memberi pelayanan prima bagi anda sekeluarga.Untuk konfirmasi dan pemesanan hubungi 022 737378.Wisma Tawa, jalan Taman Siswa no. 63, Palasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Halo Saudara! Selamat datang di blog Mannusantara!


foto Gedung Sate, Bandung


foto satelit kawasan Gedung Sate dan sekitarnya
klik gambar untuk memperbesar



peta kawasan Gedung Sate dan sekitarnya
klik gambar untuk memperbesar

1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat;
2. RS Boromeus, jalan Juanda (Dago);
3. Jalan Surapati;
4. Lapangan Gasibu;
5. Gedung Sate.




foto-foto kawasan Gedung Sate dan sekitarnya
1. Lapangan Gasibu, pandangan ke arah Gedung Sate di selatan;
2. Lapangan Gasibu, pandangan ke arah Jalan Surapati dan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di utara;
3. Jalan Surapati, pandangan ke arah utara;
4. Jalan Surapati, pandnagan ke arah barat menuju jalan layang Pasupati.
klik gambar untuk memperbesar


Gedung Sate adalah nama bagi gedung yang sekarang dipergunakan sebagai kantor Gubernur Jawa Barat, yang beralamat di Jalan Diponegoro yang terletak di sebelah utara gedung. Gedung ini diapit oleh Gedung DPRD di sisi barat dan Pos Indonesia di sisi timur.
Dengan halaman yang luas, dan jarak dari jalan Diponegoro sejauh sekitar 50 meter, membuat Gedung ini membuat kejutan di tengah padatnya kawasan di sekitarnya.
Di seberang Gedung ini, tepatnya di sebelah Jalan Diponegoro terdapat Lapangan Gasibu, yang menjadi salah satu ruang terbuka publik di Bandung. Pada hari biasa, di pagi hari dan sore hari digunakan warga untuk berolah raga, bersosialisasi, maupun sekedar berjalan-jalan. Pada waktu-waktu tertentu menjadi tempat upacara resmi maupun hiburan.
Di sebelah utara Lapangan Gasibu terdapat Jalan Surapati, di sebelah utaranya lagi terdapat taman terbuka yang membujur ke utara yang berakhir di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (MPRJB). Dengan adanya ruang-ruang terbuka yang saling berkesinambungan dari halaman depan Gedung Sate di sebelah selatan, hingga MPRJB di seblah utara, membentuk sebuah rangkaian ruang terbuka dengan skala yang monumental. Jika kita berada di Gedung Sate lalu memandang ke utara akan terlihat MPRJB, dengan latar belakanbg Gunung Tangkuban Parahu (2076 m dpl), demikian pula sebaliknya. Sungguh komposisi ruang yang indah.
Namun keindahan itu tak dapat dinikmati dengan nyaman sepenuhnya, terutama oleh pejalan kaki. Karena ramainya lalu lintas di jalan-jalan yang memisahkan ruang-ruang terbuka publik itu, sehingga menyulitkan untuk mencapainya, terutama untuk wanita, ibu hamil, anak-anak, penyandang cacat dan para lanjut usia. Maka ruang publik itu masih belum memenuhi harapan untuk dapat digunakan dan diakses oleh semua warga kota tanpa kecuali.
foto-foto diambil dan menjadi koleksi pribadi penulis


Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak daripada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh daripada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihat. (Leroy Eims)
Terima kasih sudah mengunjungi halaman ini. Silakan membuka posting artikel lain di blog ini (silakan klik posting lama, halaman muka atau posting baru di bawah tulisan ini) untuk menjelajahi wilayah lain Nusantara, menyelami pemikiran dan mengenali permasalahan, supaya kita menjadi bagian dari solusi bagi bangsa ini.
Mencari penginapan di Bandung?
WISMA TAWA siap melayani Anda.
Wisma Tawa adalah Guest house untuk umum yang siap memberi pelayanan prima bagi anda sekeluarga.

Untuk konfirmasi dan pemesanan hubungi 022 737378.
Wisma Tawa, jalan Taman Siswa no. 63, Palasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar