Desain Bangunan Rumah Toko (Ruko)


-->

Jangan takut berkreasi. Mari kita mandirikan bangsa dengan kreasi positif.


ALTERNATIF 1 : DESAIN RUMAH TOKO DUA LANTAI DI ATAS LAHAN 8 x 15 m persegi


Denah lantai 1 dan 2 / plan of lower floor and upper floor



tampak depan


Rumah toko dibangun di kawasan perdagangan di pusat kota yang biasanya sangat padat. Rumah toko dibangun untuk menyiasati keterbatasan lahan di perkotaan. Lantai dasar digunakan sebagai tempat bekerja atau berjualan dilengkapi dengan ryang administrasi, gudang persediaan dan ruang istirahat karyawan. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal keluarga pemilik toko dengan ruang-ruang yang lebih privat, dengan satu ruang tidur orang tua dan dua ruang tidur anak.

Pada gambar di atas adalah alternatif bangunan rumah toko untuk keluarga kecil dengan dua anak. Berdiri di atas lahan 8 kali 15 meter persegi, bangunan ini masih mennyediakan ruang terbuka berupa taman di belakang sebagai penjamin kelancaran sirkulasi udara dan pencahayaan alami. sehingga sudah pasti untuk menghemat energi dan keamanan jika ada kebakaran.

Dengan komposisi ruang seperti ini, gaya hidup penghuni ruko memang didorong untuk sederhana (simpel), selalu menjaga kebersihan dan hemat energi serta mengurangi konsumsi yang mengahsilkan banyak sampah. Dengan demikian kebutuhan akan peabotan penunjang juga didorong untuk tepat guna, simpel dan seperlunya, sehingga ruangan tetap terasa lega.




denah lantai 1 / plan of lower floor
(klik gambar untuk memperbesar)


denah lantai 1 / plan of upper floor
(klik gambar untuk memperbesar)


tampak depan


perspektif depan


perspektif belakang


perspektif mata burung

Lokasi lahan klien : Dumai, Riau


Gambar-gambar di atas ini adalah gambar desain rumah toko, yang dapat pula difungsikan sebagai rumah kantor (rukan). Bangunan ini berdiri di atas lahan 7 x 32 meter persegi, berdasarkan kondisi lahan dari klien kami. Tampilan (fasade) bangunan rumah toko ini bergaya / langgam minimalis, dengan konsep bentuk dan tata ruang arsitektur tropis.
Ruang yang difungsikan sebagai toko atau kantor di lantai 1 seluas 7x12 meter persegi, terdapat gudang, kamar mandi, dan tangga darurat di belakang.

Kemudian rumah tinggal di lantai 2 mengikuti struktur di lantai 1, seluas 16x7 meter persegi. Sudah termasuk tangga utama naik-turun. Terdapat 1 kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak, 1 kamar pembantu. Ruang tamu diletakkan di bagian depan. Antara ruang tamu dan ruang keluarga dipisahkan oleh dinding yang diberi pintu dua daun, ini untuk menjaga privasi keluarga. Kemudian terdapat balkon di depan ruang tamu yang juga dipisahkan oleh dinding, serta diberi bukaan pintu dan jendela. Selain untuk kualitas tampilan bangunan yang baik, juga memberikan privasi, pasokan cahaya dan udara alami yang cukup, serta sensasi ruang yang berkualitas.

Sedangkan ruang keluarga, belajar, dan ruang makan berada dalam satu ruang yang memanjang ke belakang, bersebelahan dengan ruang tidur anak. Kemudian dapur diletakkan di bagian belakang, yang terpisah dengan dinding sekat permanen dengan ruang makan, untuk melancarkan sirkulasi udara.

Untuk akses utama tangga dari lantai 1 ke lantai 2, pintu masuknya tetap mengikuti pintu masuk toko.

Pada ruang toko terdapat dua pintu, yaitu pintu di sebelah tangga, yang terutama digunakan oleh keluarga, juga pintu lipat yang lebar untuk sirkulasi pengunjung atau pembeli di toko itu. Pintu lipat itu agak masuk ke dalam, untuk memberikan ruang teras di depan, sehingga terkesan lega dan terbuka. Mobil juga dapat masuk melalui pintu lipat ini, jika pada malam hari mobil ingin dimasukkan ke dalam ruang toko, yang dapat juga berfungsi ganda sebagai garasi pada sebagian ruangnya.



Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.
Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:

Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.


Designed by SB Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."
--> -->
Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi & perhitungan anggaran biaya. Kami membantu untuk mewujudkan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, serta sesuai dengan anggaran yang tersedia.




-->Klik ini untuk melihat artikel Desain Rumah Toko Empat Lantai di Atas Lahan 3,8 x 12,5 m persegi.

-->

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer