Foto : Dendam tak Sudah

Judul foto : Dendam tak sudah
Lokasi di jalan raya Surabaya - Malang, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
klik gambar untuk memperbesar

Lihatlah gambar foto di atas, apa yang Anda lihat?


Betul sekali. Keranjang atau tepatnya kurungan (jawa : bronjong) yang berisi unggas yang dibawa penjual unggas yang sedang melaju di jalan raya dengan sepeda motornya.

Tapi adakah yang menarik perhatian Anda?


Ya, mata Anda memang jeli.

Dua ekor ayam jantan tak melewatkan kesempatan untuk saling cucuk-cucukan alias berantem, meskipun kondisi mereka sedang terkurung, dan sebenarya sedang terancam pula. Ya, terancam dijual oleh pedagang dan terancam nyawanya karena mungkin akan menjadi ayam goreng di meja makan restoran.

Bisakah kita ambil kejadian untuk kita bandingkan dengan kondisi bangsa kita? Itu terserah pendapat dan pandangan Anda masing-masing.
Tapi saya dapat menyamakan kejadian foto di atas dengan sesama anak banga kita, yang dalam kondisi sedang susah ini saling bertikai dan gontok-gontokan sendiri dengan tak tahu malu, apalagi dengan membawa-bawa nama Yang Maha Kuasa segala. Mereka hanya memikirkan nafsu sesaat mereka tanpa berusaha menemukan solusi untuk bangsa kita yang sedang susah ini. Ya, jangan harap kita jadi bangsa yang maju. Sudah miskin, terjepit, kepepet, sengsara, ehh... suka berantem pula. Macam ayam jago di atas adjzaa..


Selamat Idul fitri 1429 H / 2008, mohon maaf lahir batin.

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer