Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Rawan Penjarahan?



Potensi kekayaan alam di Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat


Gunung Gede (kanan) dan Pangrango (kiri), dilihat dari arah selatan (Sukabumi)


Foto satelit letak taman nasional Gede Pangrango, Jawa Barat




Foto-foto yang menunjukkan alih fungsi lahan di sekitar Taman Nasional Gede Pangrango


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah taman nasional tertua di Indonesia yang ditetapkan sejak jaman kolonial Belanda. Mencakup luas sekitar 19.000 hektar, taman nasional ini terdiri atas hutan hujan tropis pegunungan dan hutan tundra pada ketinggian lebih dari 2000 meter dpl. Terdiri atas dua gugusan Gunung "kembar" yang saking berpelukan, yaitu Gede (2958 m dpl, gunung tertinggi ke-13 di Jawa) dan Pangrango (3019 mdpl, gunung tertinggi ke-12 di Jawa), taman nasional ini menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna yang masih tersisa di Jawa. Walaupun luasnya "tidak seberapa", taman nasional ini menjadi penampung air raksasa yang menentukan kehidupan bagi kawasan di sekitarnya, yaitu Cianjur, Sukabumi, Bogor, bahkan sampai ke Depok dan Jakarta.

Walaupun sudah ditetapkan sebagai taman nasional, namun kawasan ini juga terancam penyerobotan lahan untuk dialihfungsikan, penjaraha hutan dan perburuan hewan secara ilegal. Ini semua akibat tekanan laju pertambahan penduduk, kondisi sosial dan ekonomi, juga kurangnya kesadaran masyarakat baik yang kaya raya maupun kurang mampu.

Dalam foto-foto di atas terlihat kawasan hutan yang berbatasan langsung dengan lahan pertanian yang cenderung terbuka dan gundul. Suatu pemandangan kontras yang menyimpan potensi kerusakan dan pemiskinan saat ini dan di masa depan.

Akankah terus dibiarkan ?


Mencari penginapan di Bandung? WISMA TAWA siap melayani Anda.
Wisma Tawa adalah Guest house untuk umum yang siap memberi pelayanan prima bagi anda sekeluarga.

Untuk konfirmasi dan pemesanan hubungi 022 737378.
Wisma Tawa, jalan Taman Siswa no. 63, Palasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer