Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Formulir Pemesanan Desain (Silakan Diisi) / Order Form (Please Fill It)

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Kamis, 23 April 2015

Tantangan dalam Solusi Desain Rumah Tinggal 3 Lantai di atas Lahan Sempit, 4 x 14 Meter Persegi


Desain tampak & perspektif
(klik gambar untuk memperbesar)

Salam jumpa Saudara. Mudah-mudahan kami menemui Anda melalui blog ini dalam keadaan yang penuh semangat.


Pada kesempatan ini kami mengunggah desain rumah tinggal 3 lantai, di atas lahan sempit berukuran 4 x 14 meter persegi. 

Di kota-kota besar pada satu dasawarsa terakhir, semakin jamak ditemui hunian-hunian yang berdiri di atas lahan yang mempunyai penampang lebar yang sempit. Jika mengacu pada ukuran lahan di kompleks perumahan, lebar lahan 6 meter sudah dapat dianggap paling sempit. Jika pun ada kurang dari itu biasanya diperuntukkan bagi rumah toko (ruko), kantor atau tempat usaha lainnya. 
Pada beberapa hunian bahkan lebar penampang depan dapat kurang dari 4 meter. Nah bagaimana menyiasati membangun rumah di lahan sempit yang dapat menampung aktivitas dan kebutuhan ruang selayaknya rumah tangga, ini yang akan kami sajikan.



Denah Lantai 1,2, & 3
(klik gambar untuk memperbesar)


Pertama-tama massa bangunan dibatasi oleh garis sempadan bangunan dari jalan. Kemudian ada kebutuhan carport di depan bangunan rumah yang dapat menampung satu buah mobil. Kemudian harus ada ruang terbuka di depan dan belakang bangunan rumah untuk menjamin pasokan aliran udara alami dan pencahayaan alami di dalam rumah. Untuk ruang terbuka di bagian belakang rumah inilah yang perlu disiasati. 

Akhirnya diputuskan mengambil lahan seluas 1 x 3,9 meter di samping ruang tidur. Walaupun sempit, tapi ruang terbuka ini harus ada. Karena tidak mungkin menggantungkan pasokan udara dan cahaya alami dari lahan tetangga sebelah, apalagi di lingkungan padat penduduk, yang sangat terbuka kemungkinan para tetangga pun akan membangun hunian mereka vertikal ke atas.


Pada lantai satu atau yang terbawah, terdapat ruang tamu, satu kamar tidur utama, kamar mandi, dan teras depan. Pada lantai dua, terdapat dua kamar tidur, dan ruang keluarga. Pusat aktivitas keluarga berada di lantai dua ini. Ruang tidur bagian depan mempunyai balkon yang menghadap langsung ke jalan. Pada lantai 3 terdapat satu ruang tidur, dapur, kamar mandi dan balkon depan.



Desain tampak & perspektif
(klik gambar untuk memperbesar)

Untuk sirkulasi vertikal pada bangunan, tangga diletakkan di sisi kiri, jika dilihat dari depan. Karena keterbatasan lahan, maka lebar tangga cukup 90 cm, dan dibuat tanpa bordes. Tinggi (elevasi) lantai 2 terhadap lantai 1 adalah 3 meter. Kemudian tinggi lantai 3 terhadap lantai 2 adalah 2,8 meter. Cukup optimal dan lega disesuaikan dengan ukuran lahan dan bangunan.

Bangunan ini berarsitektur tropis, dengan atap pelana, sesuai dengan cuaca dan iklim di negeri kita. dengan gaya simpel / sederhana, tapi tetap elegan, dan memberi efek tinggi dan megah, walaupun berada di lahan sempit.

Demikian dulu Saudara, yang dapat kami sajikan pada Anda. Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga desain kali ini berguna bagi Anda.


Jangan ke mana-mana dulu, masih banyak artikel tentang bangunan, dan tentang hal lain di blog ini, Selamat berselancar!

Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.
Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:
Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 0812-8048-0064 ), atau email : basuki_design@yahoo.com

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar