Desain Bangunan Rumah untuk Menyiasati agar Nyaman, Hemat Energi, dan Hemat Biaya


Jangan takut berkreasi. Mari kita mandirikan bangsa dengan kreasi positif.












foto-foto kondisi rumah hemat biaya & hemat energi berdinding bata merah tanah liat terekspos

--> Lokasi lahan klien : Sukabumi, Jawa Barat 

Halo Saudara, selamat datang di blog Mannusantara!

Seringkali dalam perencanaan, perancangan (desain), dan pembangunan suatu rumah tinggal atau tempat usaha tidak memperhatikan kenyamanan dan kesehatan para penghuni rumah yang sudah terbangun. Rumah menjadi boros energi listrik untuk menyalakan lampu bahkan di siang hari, karena kurangnya bukaan jendela yang memasukkan cahaya pada siang hari ke dalam ruang-ruang dalam rumah. Juga boros listrik untuk menyalakan AC, karena kurangnya bukan jendela dan lubang ventilasi untuk mengalirkan udara dalam rumah.

Rumah yang dibangun juga menjadi mahal anggaran biaya pembangunannya, karena banyak material terbuang, banyak ornamen tambahan yang sebenarnya tidak perlu, atau kelebihan material untuk bagian-bagian yang tidak memerlukan banyak material karena strukturnya sudah kuat menopang bangunan.

Mungkin banyak faktor yang berpengaruh sehingga menjadi seperti itu, antara lain kurangnya pengetahuan, ingin cepat selesai atau dikejar target, latah ikut-ikutan model yang sedang tren supaya tidak dibilang ketinggalan jaman.

Foto-foto di atas adalah contoh bangunan rumah yang sudah terbangun dan sudah ditempati.
Rumah itu dibangun dengan konsep dan perencanaan yang matang, yaitu supaya rumah hemat dalam anggaran biaya pembangunannya dan hemat dalam pemakaian energinya pada saat dihuni.
Untuk menghemat anggaran biaya pembangunan adalah dengan mmbuat dinding bata terekspos (bata telanjang) tanpa diplester atau diaci. Ada beberapa kiat, yaitu pilihlah bata merah yang kurang lebih sama ukuran, tingkat kematangan dan warnanya, kemudian pastikan dalam pemasangannya rapi, kalau tukang tidak biasa memasang bata ekspos, suruhlah untuk belajar dulu, bersihkan segera adukan spesi yang menempel pada bata saat dipasang dengan lap basah, setelah kering beberapa hari kemudian lapisi bata dengan vernis batu supaya mengkilat dan terkesan bersih. Dengan cara ini, maka anggaran material untuk plester dan aci ditiadakan, dan waktu pengerjaan lebih cepat. Selain itu adalah dengan tidak menambahkan ornamen-ornamen yang tidak perlu.

Untuk menghemat energi listrik, buatlah bukaan pintu, jendela, lubang ventilasi, lubang cahaya di setiap sudut ruangan. Sehingga terjadilah ventilasi silang yang menyejukkan rumah, dan pantulan cahaya matahari yang melimpah dapat masuk ke dalam bangunan tanpa merasa gerah. Tanamilah taman dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, selain menyaring udara kotor, ini juga untuk menangkis panasnya matahari sebelum masuk ke dalam bangunan, juga sedap dipandang.

Jika lahan yang Anda miliki cukup lebar dan merencanakan rumah berlantai dua, berilah void pada salah satu ruangan. Void adalah seperti atrium di bangunan mall atu hotel, di mana orang di lantai bawah dapat melihat langsung orang di lantai atas. Pada rumah tinggal jika dimungkinkan, ini dapat dibuat, selain untuk kontak visual dan komunikasi antara penghuni rumah, juga untuk membagi cahaya dan aliran udara alami ke seluruh ruangan.


-->Untuk aksesoris, seperti railing / pegangan tangga, pagar di lantai dua, gunakanlah kayu kelapa yang sehat yang sudah berumur minimal 30 tahun. Selain murah juga awet dan mudah pengerjaannya. Dengan finishing melamin atau vernis biasa sudah cukup mempercantik tampilannya.


Semoga bermanfaat.

Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.
Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:

Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.


Designed by SB Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."

--> -->
Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami, untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi, dan perhitungan anggaran biaya. Kami membantu menjadikan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, serta sesuai dengan anggaran yang tersedia.


 

Silakan memberi komentar atas desain bangunan ini, dan jangan ke mana-mana dulu, silakan menjelajahi artikel-artikel tentang desain bangunan di blog ini.

Siapapun berhak atas desain bangunan yang hemat biaya, hemat energi namun tetap berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik.


Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer