Desain Restoran dan Cafe 2 Lantai dengan Gazebo Outdoor

Selamat datang di situs blog kami.
Semoga Anda selalu sehat dan penuh semangat.


tampak depan

Pada kesempatan yang baik ini, kami sajikan rancangan restoran (rumah makan) 2 lantai. Lokasi lahan klien berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rencana

Desain bangunan restoran dan cafe ini diawali oleh rencana pembangunan kembali rumah makan yang terlebih dahulu ada, yang kondisinya sudah kurang layak karena faktor usia dan material bangunannya. Juga sekaligus untuk meningkatkan sarana, sekaligus pelayanannya.

Faktor perubahan gaya hidup masyarakat juga menjadi pertimbangan, di mana masyarakat cenderung lebih mencari pengalaman dan kebersamaan, bukan hanya membeli benda semata. Aktivitas, daya beli dan mobilitas masyarakat yang makin tinggi, juga faktor untuk menyediakan tempat makan dan pertemuan yang lebih layak dan nyaman.
Lokasinya berada di jalur antarkota, yang mengarah ke beberapa obyek wisata, kemudian berada di kawasan pemukiman penduduk yang belum terlalu padat, juga dekat dengan kompleks-kompleks perumahan warga.

Konsep utamanya adalah memadukan tiga jenis tempat makan, yaitu restoran, cafe, dan restoran gazebo outdoor dalam satu lokasi. Sehingga pengunjung yang datang dapat memilih mana yang sesuai. 


tampak depan


tampak depan


Rancangan dan tata ruang

Lahan restoran dan cafe ini berbentuk seperti setengah trapesium. Dengan ukuran terpanjang kiri ke kanan 54 meter, dan ukuran dari depan ke belakang 39 meter.
Selain untuk pembaharuan dan penyegaran kembali, rancangan restoran yang baru ini dibuat 2 lantai untuk meningkatkan daya tampung pengunjung, penataan ruang yang lebih teratur, meningkatkan fungsi lahan menjadi efisien sekaligus tepat guna. Dengan tidak meninggalkan kelestarian lingkungan.

Pada lantai 1 (lantai bawah), pada bagian depan terdapat teras dan pintu utama, kemudian terdapat ruang kasir, ruang administrasi. Pada bagian tengah terdapat ruang makan utama yang cukup luas. Pada sebelah kiri terdapat toilet dan gudang, juga terdapat kolam dan taman. Pada bagian kanan terdapat teras yang berfungsi sebagai ruang malan pula, yang langsung menghadap ke taman gazebo. Pada bagian belakang terdapat dapur, gudang, tempat persiapan makanan, rang cuci dan ruang koordinasi pelayanan.


perspektif dari kiri depan


perspektif dari kanan depan

Pada lantai 2 (lantai atas), dapat difungsikan sebagai cafe untuk menarik pengunjung yang berusia lebih muda. Pada bagian depan terdapat balkon sebagai ruang makan terbuka yang terhubung dengan udara bebas. Balkon berbentung L, satu sisi menghadap jalan, dan sisi yang lain menghadap taman gazebo. Pada sebelah kiri terdapat tangga, mushola dan toilet. Pada bagian tengah terdapat ruang makan utama, di sini terdapat void (bukaan lantai) sehingga dari lantai atas bisa memandang langsung ke lantai bawah. Void ini selain untuk keterhubungan visual, juga sebagai pelancar sirkulasi udara dan cahaya alami. Juga membuat ruang utama menjadi lebih luas dan megah. 

Pada bagian belakang lantai atas terdapat ruang pimpinan, ruang persiapan makanan, tangga belakang dan ruang rapat yang bisa disewakan kepada pengunjung untuk urusan bisnis yang lebih privat / bersifat pribadi dan terbatas. Ruang rapat ini bisa menampung sampai 20 orang. Dapat disediakan fasilitas yang mendukung, seperti layar/ screen, proyektor, papan tulis, meja rapat, rak dan sebagainya.

Kembali ke ruang utama. Ruang utama yang mempunyai lubang void dapat berguna juga untuk menunjang aktivitas pengunjung, juga lebih menarik pengunjung untuk datang. Misalnya nonton bareng pertandingan olah raga, dengan memakai layar lebar dan proyektor. Juga dapat dipasang panggung kecil untuk live music pada saat-saat tertentu. Atau untuk disewa oleh pengunjung untuk acara-acara seperti ulang tahun, acara perusahaan / sekolah, acara keluarga, arisan dan sebagainya.


perspektif mata burung



perspektif mata burung

Bentuk bangunan

Bentuk bangunan restoran dan cafe ini mengadaptasi arsitektur tropis, dengan bentuk- bentuk geometris yang tepat guna dengan garis-garis serasi sekaligus tegas. Bentuk atap pada bangunan sesuai peruntukannya di mana lokasi bercurah hujan tinggi di musim hujan, dan juga panas terik di musim kemarau. Bentuk atap yang miring, membantu mempercepat drainase air hujan, mengurangi panas matahari, dan pelancar sirkulasi udara di bawah atapnya. Air hujan dapat dialirkan dan ditampung di lubang-lubang peresapan, untuk menjaga ketersediaan air tanah lingkungan sekitarnya.

Bukaan-bukaan pintu, jendela, lubang cahaya dan ventilasi membuat pasokan udara segar dan cahaya alami dapat masuk secara leluasa namun tetap terkendali. Maka bangunan restoran ini menjadi bangunan hemat energi, karena sebagian besar ruangan tidak memakai AC. Jika pun memakai AC, akan menghemat biaya listrik dan perawatannya.

tampak atas

perspektif mata burung dari kanan

Ruang luar

Ruang luar di area restoran ini cukup luas. Pada bagian depan terdapat parkiran yang bisa menampung sekitar 20 mobil. Kemudian pada taman gazebo / saung di samping kanan bangunan restoran, dapat menampung 8 gazebo, yang masing-masing bisa menampung hingga 10 orang. Sangat memadai sebagai tempat makan dan kumpul-kumpul bersama keluarga dan rekan, dengan suasana taman yang asri. Taman gazebo ini juga dilengkapi dengan kolam dan tempat bermain anak.

pandangan balkon depan

pandangan balkon samping


Kapasitas

Pada lantai bawah restoran ini dapat menampung sekitar 150 orang. Pada lantai atas dapat menampung 120 orang. Pada gazebo outdoor di taman samping dapat menampung 80 orang. Total restoran ini dapat menampung 350 orang.

denah lantai 1 (lantai bawah)


denah lantai 2 (lantai atas)


Material dapat menggunakan material yang mudah didapat dan terjangkau dari segi harga, tanpa mengurangi kualitas. Untuk struktur utama bangunan (tiang/kolom, balok, dak lantai) dapat menggunakan beton bertulang, ataupun baja. Untuk dinding dapat menggunakan bata merah yang dapat diekspos secara artistik. Atau dapat menggunakan bata ringan (hebel) yang diplester, diaci dan dicat. Untuk atap ruang utama dapat menggunakan rangka baja berat karena bentang yang lebar dan luas. Untuk atap bangunan penunjang dapat menggunakan rangka baja ringan. Untuk pintu, jendela dan bukaan-bukaan lainnya dapat menggunakan kayu atau aluminium yang lebih tahan cuaca. Lantainya dapat menggunakan keramik dan dengan kombinasi batu alam.

Karena tidak berpagar dan cukup berjarak dengan bangunan di sekitarnya, bangunan restoran ini tampil gagah sekaligus anggun, serta tampil seutuhnya dan dapat dilihat dari semua sisi. Restoran ini dengan letak dan bentuknya yang unik, dapat menjadi penanda bagi area di sekitarnya. Restoran ini tampil lebih indah dan lebih teduh dengan taman dan lahan penghijauan di dalamnya.


potongan ruang utama



Harapan pada rancangan restoran ini adalah supaya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung, bukan hanya kelezatan makanan yang disajikan, namun juga pengalaman selama berada di sini. Juga diharapkan semakin menambah kesempatan kerja dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. 

Demikian Saudara, sajian desain kami kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda, masyarakat luas dan negeri kita tercinta

Anda memerlukan desain dan konsultasi tentang bangunan yang Anda cita-citakan? Anda dapat menghubungi kami  di nomor 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu
Sertakan data-data ukuran dan kondisi lahan yang Anda miliki, fungsi bangunan, ruang-ruang apa saja yang Anda perlukan dan lokasi Anda berada.
Kami melayani jasa perencanaan, desain dan juga pelaksanaan bangunan Anda.
Kami melayani Anda di seluruh Tanah Air.



Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer