Desain Penginapan Dua Lantai dengan 17 Kamar




Selamat datang di situs blog ini. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat.

tampak depan



Untuk kesempatan ini, kami menyajikan rancangan penginapan 2 lantai. Lokasi lahan klien berada di propinsi Bengkulu. Klien menggambarkan bahwa kondisi penginapan yang lama sudah saatnya diperbaharui, sekaligus untuk meningkatkan sarana dan prasarana, sekaligus pelayanannya. Juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang aktivitas dan mobilitasnya makin tinggi, sehingga memerlukan tempat menginap yang layak dan nyaman.

Bentuk lahan seperti huruf L, dengan tambahan kaki di ujung belakang. Ukuran lebar depan 16 meter, kemudian jarak terpanjang dari pinggir jalan ke belakang adalah 35 meter. Untuk halaman depan ditarik jarak 5 meter ke belakang dari pinggir jalan, yang bisa dimanfaatkan untuk taman dan lahan parkir.



tampak depan


perspektif mata burung



Untuk tata ruang dan tata bangunannya, secara umum bangunan penginapan ini menjadi 2 bagian, yaitu bagian depan dan belakang. Dipisahkan oleh taman di antaranya. Taman ini selain sebagai pemandangan yang bisa ditanami beragam tanaman hias, juga berfungsi sebagai penjaga aliran udara, sehingga udara yang masuk ke ruang-ruang dalam menjadi lancar. Selain itu juga memberi pasokan pencahayaan alami ke dalam ruang-ruang kamar.



perspektif mata burung dari belakang


Tata ruang dibuat sesuai kebutuhan. Pada lantai 1 terdapat teras depan, lobby, kemudian ada 6 kamar penginapan. Ruang-ruang pendukung antara lain ruang kantor administrasi, musholla, garasi. Kemudian di bagian belakang ada dapur, gudang, ruang karyawan dan ruang pimpinan. Di belakang ruang pimpinan masih terdapat sedikit lahan untuk taman penghijauan.


perspektif denah lantai 1 (lantai dasar)



perspektif denah lantai 2 (lantai dasar)




Tata ruang pada lantai 2, terdapat antara lain balkon, dan 10 kamar biasa. Pada bagian belakang terdapat 1 unit kamar penginapan yang dibuat seperti unit apartemen, yang terdiri dari 2 kamar tidur, ruang keluarga dan pantry. Ini diperuntukkan bagi tamu yang membawa keluarga, yang ingin privasi dan ruang yang lebih lega. Semua kamar masing-masing terdapat kamar mandi dalam. 


Untuk sirkulasi horisontalnya, pada lantai 1 terdapat lorong di sebelah kiri bangunan (jika dilihat dari depan), yang merupakan jalur pergerakan (jalur sirkulasi) utama bagi para tamu atau pengunjung penginapan. Di sebelah kanan terdapat jalur sirkulasi untuk servis dan internal karyawan, tepatnya dari garasi sampai ke belakang.


Untuk sirkulasi horisontal lantai 2, hanya terdapat di sebelah kiri bangunan. Antara lantai 1 dan lantai 2, terdapat tangga di bagian depan kiri dan belakang, sebagai jalur sirkulasi vertikal. Dengan bangunan yang luas, selayaknya memang perlu lebih dari satu tangga, untuk kelancaran pergerakan, juga sebagai jalur evakuasi yang memadai di saat darurat atau bencana.


Pada bagian belakang bangunan terdapat tambahan lantai dak sebagai tempat cuci dan jemur. Dan bisa juga dimanfaatkan sebagai taman atap (roof garden).



tampak depan

Gaya bangunan penginapan ini mengangkat gaya bangunan tropis, yang menyesuaikan dengan iklim tropis negeri kita yang berkelimpahan sinar matahari sekaligus hujan. Sehingga dibuat atap yang menjulur melebihi dinding terluar bangunan, supaya panas matahari dan tampias air hujan tidak langsung masuk menerpa bangunan. Kemudian bukaan-bukaan pintu dan jendela dengan jumlah yang memadai untuk mengoptimalkan cahaya dan udara alami masuk ke ruang-ruang interior. Sehingga lebih hemat energi dan hemat listrik, walaupun tetap memakai AC / penyejuk udara pada saat-saat yang diperlukan saja.
Pada skema rencana bisnis penginapan ini, dapat dibuat skema tarif menginap berdasarkan luas kamar dan fasilitas-fasilitas tambahan di dalamnya. Semakin luas kamarnya, serta semakin lengkap fasilitas dan pelayanannya, akan semakin tinggi tarifnya. Pada perjalanan pengelolaan penginapan ini, okupansi (tingkat keterisian) kamar-kamarnya akan sangat bergantung pada standar pelayanan yang baik, fasilitas yang layak dan memadai, serta perawatan fasilitas dan bangunan yang baik secara berkala.

Saudara yang budiman, demikian karya desain penginapan yang kami sajikan kali ini. Semoga karya rancangan kami dapat bermanfaat. Nantikan karya-karya kami selanjutnya. Semoga Anda selalu dikaruniai kesehatan untuk mewujudkan cita-cita mulia Anda.

Untuk pemesanan desain, anggaran pelaksanaan pembangunan, dan biaya jasa desain, Anda dapat menghubungi Sdr. Basuki di nomor 082310268089 (telpon, SMS & WA), atau email primawastu.bangunrumah@gmail.com Kami melayani Anda di seluruh Indonesia. Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu

Kami juga menerima pekerjaan pelaksanaan pembangunan, baik dari nol, maupun renovasi atau rehab.












Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer