Membangun Rumah Sederhana Dua Lantai Hemat Energi dan Biaya

Salam jumpa, Saudara! Selamat datang di blog Mannusantara!

Salam jumpa, Saudara! Selamat datang di blog Mannusantara!
Pada kesempatan baik ini menyajikan rancangan rumah sederhana dua lantai, berukuran 6 x 15 meter persegi, bergaya tropis natural.



Tampak depan
(klik gambar untuk memperbesar)

Lokasi lahan klien : Lamongan, Jawa Timur

Tentang klien

Klien yang kami temui kali ini adalah keluarga kecil dengan satu anak. Klien merencanakan untuk membangun rumah tinggal dua lantai yang terdiri dari satu kamar tidur utama dan beberapa kamar tidur biasa. Klien berjaga-jaga jika suatu saat nanti akan memiliki beberapa anak. Kemudian juga karena hubungan kekeluargaan yang baik dengan keluarga besarnya, maka kamar-kamar tersebut juga akan digunakan sebagai tempat menginap bagi sanak saudara atau handai taulan dari jauh yang datang berkunjung.

Lokasi lahan klien ini berada di kawasan pedesaan di Lamongan, Jawa Timur. Sebuah kawasan yang secara geografis umumnya berada di dataran rendah, di daerah pertanian dan perdagangan. Secara sosiokultural, wilayah ini dikenal dengan masyarakatnya yang ulet dan gigih dalam bekerja dan berusaha di segala bidang, tanpa meninggalkan ikatan silaturahmi dan keramahannya dalam berkomunikasi.



denah utama
(klik gambar untuk memperbesar)



Tata ruang

Mari kita tinjau desain yang kami buat. Rumah ini berada di pedesaan yang erat dalam kekeluargaan dan silaturahmi. Dari situ tercipta lingkungan yang aman karena komunikasi yang sangat baik dan saling percaya dengan tetangga sekitar. Karena itu tidak diperlukan pagar keliling yang memisahkan secara fisik dengan tetangga-tetangga di sekitarnya. Cukup dengan memberi ruang dan jarak yang cukup dengan rumah tetangga, maka akan tercipta ruang terbuka untuk sosialisasi, tempat bermain anak, membuat taman dan penghijauan.

Pada lantai dasar (lantai 1) terdiri dari garasi, emperan (teras) depan, ruang tamu yang cukup memadai, ruang tidur utama. Kemudian ruang makan, dapur, kamar mandi serta teras belakang saling bersebelahan di bagian belakang.


Perspektif denah lantai 1 & 2
(klik gambar untuk memperbesar)



Pada lantai atas (lantai 2) terdiri dari tiga ruang tidur. Dua ruang tidur di depan, dan satu di belakang. Salah satu ruang tidur di depan mempunyai pintu ke balkon depan. Balkon depan berfungsi ganda, yaitu sebagai jalur penyelamatan jika terjadi kebakaran atau gempa, dan juga membuat tampilan bangunan lebih serasi. Di bagian tengah terdapat ruang belajar dan ruang keluarga, serta kamar mandi. Dan di sudut terdapat balkon yang dapat difungsikan sebagai ruang duduk luar, juga dapat berguna sebagai tempat jemuran.

Di bagian tengah lantai atas terdapat lubang (void) yang berguna untuk memperlancar arus aliran udara di dalam rumah, mempermudah komunikasi antarpenghuni di lantai bawah dengan di lantai atas, dan memperkuat rasa keterkaitan antara lantai 1 dan 2, serta membuat suasana rumah yang “homy” dan lega.



Perspektif depan
(klik gambar untuk memperbesar)



Apa yang ingin dituju dalam desain yang sederhana

Rancangan bangunan rumah ini dibuat sederhana dan tampil apa adanya, namun tetap serasi, rapi, dan tetap berkualitas baik dari kekuatan struktur, material yang dipakai, pola tata ruang dan sirkuasi, juga dari tampilan visual dan estetikanya. Tampil apa adanya akan membawa keindahan tersendiri asalkan dikerjakan secara sungguh.

Penggunaan bata merah yang diekspos mendominasi tampilan rumah ini. Dapat dipilih bata merah yang berkualitas. Walau lebih mahal, tapi akan awet lebih lama, dan bertahan kuat terhadap rembesan air hujan dan hembusan angin kencang. Bata merah yang diekspos mengurangi biaya pembangunan, karena tidak diperlukan tambahan bahan dan waktu pengerjaan untuk plester, aci dan cat. Yang perlu diperhatikan pada saat memasang bata merah adalah kerapiannya. Kemudian pada lantai dasar, bata merah dapat diekspos mulai level 50 - 75 cm di atas level lantai, untuk menghindari rembesan air hujan dari tanah dan tampias hujan.



Perspektif belakang
(klik gambar untuk memperbesar)


Kemudian bukaan-bukaan pintu, jendela, dan lubang ventilasi yang diletakkan di sekujur dinding bangunan sesuai dengan peruntukannya, akan menjamin pasokan aliran udara alami dan pencahayaan alami di dalam bangunan. Membuat suasana di dalam rumah menjadi lebih sejuk pada siang hari. Yang tentu saja akan menghemat pemakaian energi listrik.

Mesin penyejuk udara (AC) tetap dapat digunakan, dengan penggunaan seperlunya dengan lebih hemat. Demikian juga dengan penggunaan lampu, akan lebih hemat di siang hari. Hampir tidak diperlukan lampu untuk kegiatan di siang hari di dalam rumah, kecuali jika ada kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian visual.

Karena memang tidak berpagar dan berjarak dengan bangunan rumah tetangga, bangunan rumah ini tampil gagah namun anggun, serta tampil seutuhnya dan dapat dilihat dari semua sisi. Rumah ini juga akan tampil lebih indah dan lebih teduh dengan membuat taman dan lahan penghijauan di sekitarnya.

Harapan klien pada rancangan rumah ini adalah supaya dapat membina keluarga yang bahagia, sejahtera, rukun dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Juga supaya di rumah ini anak-anak dapat tumbuh berkembang dengan sehat, gembira, dan cerdas dalam didikan yang penuh kasih sayang.



Perspektif depan
(klik gambar untuk memperbesar)



Demikian saudara pembaca, sajian kami kali ini. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami untuk  mendesain dan membangun rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum, sosial dan komersial. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.

Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:
Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 082310268089 ), atau email : primawastu.bangunrumah@gmail.com Kunjungi media sosial kami. Facebook: bangun rumah primawastu. Instagram: @primawastu

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.

Designed by Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."


Perhatian : Gambar-gambar ide desain bangunan yang disajikan ini BUKAN GAMBAR KERJA yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan. Jika anda tertarik atau terinspirasi dengan ide yang disajikan ini, silakan menghubungi kami, untuk mendapatkan gambar kerja, gambar 3 dimensi & perkiraan umum anggaran biaya. Kami membantu untuk dapat mewujudkan bangunan Anda tidak saja bagus/indah, tapi juga berkualitas dalam tata ruang, kekuatan bangunan, keamanan dan kenyamanan saat dihuni, disesuaikan dengan ukuran lahan, kebutuhan ruang dan anggaran yang tersedia.

Jangan takut berkreasi. Mari kita mandiri dalam membuat kreasi apapun yang positif bagi kemajuan bangsa.

“Doing with your heart, and you will give more values to others.”

Komentar

contact us on whatsapp

contact us on whatsapp

follow our social media

Postingan Populer