Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Formulir Pemesanan Desain (Silakan Diisi) / Order Form (Please Fill It)

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Jumat, 08 Januari 2016

Desain Ruko 3 Lantai Multifungsi untuk Cafe dan Restoran / Multifunction Shop House for Cafe and Restaurant

Selamat datang di blog Mannusantara.

Kami sajikan salah satu contoh karya desain bangunan yang pernah dibuat.

Rancangan untuk bangunan rumah toko (ruko) bertingkat 3 (tiga) lantai, di atas lahan kavling berukuran 9 x 20 meter persegi. Dengan luas bangunan terbangun di atas lahan berukuran 9 x 16 meter persegi. Tampilan bangunan rumah ini berarsitektur tropis, bergaya minimalis.


Perspektif Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar


Letak bangunan ini sangat strategis dan menguntungkan dari segi bisnis, karena berada di sudut persimpangan jalan. Posisi ini banyak diinginkan dan diincar oleh banyak orang, terutama para pelaku bisnis
Diperlukan desain atau rancangan bangunan yang mampu memaksimalkan potensi lahan ini. Di samping juga bangunan di lahan sudut ini mempunyai tugas untuk meningkatkan fungsi yang mendukung aktivitas publik, dan juga meningkatkan kualitas visual dalam tata ruang kota yang kompleks.

Bangunan ruko ini terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 (lantai dasar) dan lantai 2 digunakan untuk ruang usaha. Sedangkan lantai 3 untuk hunian dengan dua kamar tidur.


 Denah Lantai 1,2 & 3 Ruko / Cafe / Restoran
klik gambar untuk memperbesar




 Tampak depan Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar



 Perspektif depan Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar



 Tampak samping Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar



Desain bangunan ini bertujuan untuk menghadirkan bangunan rumah toko (ruko) yang tanggap dan ramah terhadap lingkungan kota, sekaligus dapat menampung aktivitas bisnis dan jual beli. Ruang dalam toko ini dapat berfungsi secara luwes (fleksibel). Tidak hanya untuk memajang (display) barang yang dijual, tapi jika melihat dari lokasinya, dapat difungsikan juga sebagai restoran atau rumah makan atau cafe. Atau paduan fungsi keduanya, misalnya toko buku dengan cafe.


Pada lantai dasar, bangunan dimundurkan 4 meter untuk memberikan ruang untuk halaman. Halaman depan ini dapat difungsikan secara konservatif sebagai parkiran. Tapi dengan pola pemakaian ruang yang lebih progresif (maju), halaman depan ini adalah perluasan (extension) dari fungsi toko atau restoran di dalam bangunan. Juga sebagai tempat pameran produk yang dijual, atau juga dapat menjadi tempat sosialisasi yang bebas kendaraan bermotor. Tentu pengunjung akan menjadi nyaman dan betah berlama-lama di sini.



  Perspektif mata burung Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar

Pada lantai 2, terdapat teras balkon yang cukup luas di bagian depan, yang berhubungan langsung dengan udara dan suasana luar. Di sini dapat digunakan juga sebagai cafe atau restoran dengan konsep terbuka, untuk melengkapi layanan yang ada di ruang di dalam yang terletak di belakangnya. Konsep terbuka ini selain ramah lingkungan dan hemat energi, juga dapat mengakrabkan interaksi sosial di antara pengunjung.

Untuk lantai 3, terdapat 2 kamar tidur. Ruang keluarga dibuat menyatu dengan ruang makan dan dapur. Hal ini untuk menghemat ruang dan memaksimalkan fungsi ruang.Taman yang luas di balkon depan, dan di bagian belakang berfungsi mengalirkan sirkulasi udara di dalam rumah dan pemasok sinar matahari untuk menerangi rumah di siang hari, sebagai siasat berhemat energi, sehingga biaya listrik akan lebih hemat.



Karena berada di sudut jalan, maka keuntungannya bangunan ini mempunyai dua fasade (tampak wajah). Pada tampak depan, terdapat halaman depan, kemudian diberi pintu lipat yang memungkinkan  akses selebar-lebarnya, baik akses masuk secara fisik, maupun visual.

Pada tampak samping yang berhimpitan dengan jalur pedestrian (trotoar), dibuat 3 buah pintu dan jendela, dengan gaya kolonial, dengan ornamen batu alam pada dinding, diberi profil dan atap overstek (konsol) yang melindungi pintu jendela dari terpaan langsung panas dan hujan. Kesan intim dan menyatu dengan jalan dan jalur pejalan kaki ingin dikondisikan di sini.

Kemudian penutup atap memakai genting dengan atap berbentuk pelana. Hal ini menjadi pembeda dengan bangunan di sekitarnya yang berupa ruko yang masif dan beratap datar.
Untuk menghemat energi listrik di siang hari, maka dibuat bukaan-bukaan yang dapt mengoptimalkan sinar matahari masuk ke dalam bangunan, tanpa mengurangi kenyamanan, baik ada ruang toko maupun ruang hunian.

Dengan penataan interior yang baik, fungsi yang diwadahi dalam bangunan ini akan lebih maksimal.


 Perspektif belakang Ruko / Cafe / Restoran 3 Lantai
klik gambar untuk memperbesar

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda bercita-cita atau berencana membangun rumah atau tempat usaha?

Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha. Juga bangunan ruko, gudang, workshop, sekolah, fasilitas umum dan fasilitas komersial lainnya. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan dan rencana Anda.

Layanan Desain dan informasi:

Sdr Basuki ( hp/sms/WA : 0812-8048-0064 ), atau email : basuki_design@yahoo.com

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi dan konsultasi desain. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan, pertanyaan atau pesanan Anda.

“Mannusantara design from Indonesia, to serve Indonesia and the world.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar