Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Kami Melayani Anda dalam Desain / We Serve You in Building Design

Formulir Pemesanan Desain (Silakan Diisi) / Order Form (Please Fill It)

Contact Form

Name*
Email*
Subject*
Message*
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image][What's This?]

Sabtu, 21 September 2013

Memaksimalkan Bukaan pada Bangunan Rumah Dua Lantai di Atas Lahan 10 x 20 meter persegi


Salam jumpa Saudara pembaca,
Pada banyak kesempatan ketika kita lewat di depan bangunan, baik di kota maupun di desa, di perkampungan maupun kompleks perumahan, seringkali kita mendapati rumah yang penampilannya sangat tertutup. Tertutup, karena minim bukaan yang memadai untuk pencahayaan maupun penghawaan di ruang-ruang dalamnya. Padahal lahan yang dimiliki cukup luas.

Mungkin karena sebagian masyarakat kita sdah terlanjur tergantung dengan produk teknologi penyejuk udara dan teknologi pencahayaan buatan (lampu) dengan berbagai model variannya. Namun tetap saja akan boros energi, di samping kurang ekonomis pada jangka panjang, karena perlu biaya perawatan berkala, juga jika terjadi kerusakan yang membutuhkan dana tidak sedikit. Akan semakin repot jika ada kejadian tak terduga, seperti pemadaman listrik. Tentu di dalam rumah yang kurang bukaan akan gelap, suram, pengap dan gerah.

Kali ini kami mencoba memberi alternatif desain bangunan rumah dengan bukaan yang cukup. Cukup dalam arti tidak terlalu sedikit bukaannya sehingga masih perlu menyalakan lampu di siang hari. Juga tidak terlalu banyak, sehingga membuat suasana dalam ruang begitu panas karena terlalu banyak kemasukkan sinar matahari. Dengan bukaan yang cukup tidak perlu menyalakan lampu di siang hari, juga penyejuk ruangan, kecuali jika suhu sudah di atas toleransi. Dengan demikian biaya operasional dan maintenance bangunan akan jauh lebih hemat. Inilah salah satu benefit kita bertanah air di negeri tropis.



 gambar denah
(klik gambar untuk memperbesar)

Bangunan  rumah 2 lantai ini berdiri di atas lahan 10 m x 20 m, dengan empat ruang tidur, satu di bawah, tiga di atas. Ditambah satu ruang tidur untuk pekerja rumah tangga di lantai bawah. Ruag bersama seperti ruang keluarga di lantai bawah dan ruang kegiatan belajar untuk anak di lantai atas yang cukup memadai tentu adalah pembentuk komunikasi yang positif yang hidup bagi kelangsungan sebuah keluarga. Sedangkan akses ruang servis berada di sisi kiri.

Dengan membuat bangunan rumah 2 lantai tentu memberi lahan terbuka bagi tumbuh-tumbuhan dan elemen pendukung estetika seperti kolam, untuk menjaga keseimbangan lingkungan, dan menurunkan suhu udara setempat.
Semoga bermanfaat.

Designed by:
SB Basuki



 gambar perspektif
(klik gambar untuk memperbesar)


 gambar tampak & perspektif
(klik gambar untuk memperbesar)


Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi desain dan pelaksanaan pembangunan rumah tinggal, kantor, tempat usaha, ruko, gudang, workshop, fasilitas umum dan komersial. Kami akan membantu membuat desain Anda sesuai kebutuhan Anda. Kami dapat sekaligus melayani jasa perencanaan dan pelaksanaan bangunan Anda.
Kami bertempat di Jakarta Barat.

Hubungi kami:

Sdr. Basuki ( hp/sms/WA : 0812-8048-0064 ), atau email : basuki_design@yahoo.com

Atau Anda dapat mengisi formulir pemesanan di bagian atas halaman situs blog ini.

Sertakan no. hp / telpon yang dapat dihubungi untuk mempermudah komunikasi & konsultasi. Kami akan segera merespon dan melayani permintaan atau pesanan Anda.


Designed by SB Basuki
"Desain untuk kemajuan bangsa."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar